Headlines News :

Home » » Idealnya Honor Guru Bantu Naik

Idealnya Honor Guru Bantu Naik

Written By Fatonah.Spd on Rabu, 01 Juli 2009 | 19.06

PEMALANG- Sebanyak 609 guru bantu di Kabupaten Pemalang, kini mengharapkan kenaikan honor. Hal itu sangat diperlukan karena antara jumlah honor yang diterima dan kebutuhan tidak seimbang. Sementara itu banyak pula guru bantu yang tempat mengajarnya jauh dari rumah, sehingga butuh biaya transportasi.

Untuk menyikapi hal itu Persatuan Guru Bantu Indonesia (PGBI) akan menyelenggarakan musyawarah kabupaten (muskab). Selain persoalan yang berkaitan dengan nasib guru bantu, muskab juga diharapkan akan merumuskan langkah-langkah organisasi ke depan.

''Insya Allah muskab akan kami selenggarakan pada Minggu (7/3) di Gedung Serbaguna Jalan Jenderal Sudirman Timur, dan akan dihadiri sekitar 700 guru bantu se-Kabupaten Pemalang,'' kata Ketua Panitia Muskab PGBI, Darto SPd kemarin.

Menurut dia, persoalan guru bantu terutama kesejahteraannya masih butuh perhatian semua pihak. Hal itu termasuk jarak lokasi mengajar dengan rumah tinggal mereka.

Setidaknya pengalaman ini dialami guru bantu asal Pemalang Kota, Jumari. Dia mengajar di Kecamatan Warungpring. Untuk ke sekolah tempatnya mengajar setiap hari dia harus naik bus dan ojek.

Rata-rata setiap hari dia mengeluarkan Rp 16.000 untuk ongkos angkutan. Jika dalam satu bulan berarti uang yang harus dikeluarkan Rp 480.000.

Sementara itu gaji yang diterima guru bantu dari Pemkab Rp 460.000/orang. Gaji sebesar itu belum dipotong pajak penghasilan (PPH) sebesar 5%. Karena itu guru bantu seperti Jumari mengaku menerima gaji per bulan Rp 444.000.

Lebih lanjut Darto mengatakan, Muskab PGBI akan menghimpun dan merumuskan persoalan-persoalan yang dihadapi para guru bantu. Selain itu, mengarahkan agar PGBI menjadi organisasi yang profesional dan mandiri, sehingga mampu tampil secara ideal sebagaimana harapan semua pihak.

Penyusunan personel pengurus baru akan diupayakan yang loyal, kredibel, dan akuntabilitas, agar mampu menyalurkan aspirasi dan mampu menjawab tantangan pada masa depan. Menurut rencana, muskab tersebut dibuka Bupati Pemalang HM Machroes SH.(sf-80i)
http://www.suaramerdeka.com/
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. SD NEGERI JATIMEKAR IV - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template